Senin, 03 September 2012

AUTICED



AUTICED


Hometown       : Bandung, Indonesia.

Genre               : Technical Classical Death Metal
Member           : Miky (Guitar), Dewa (Vocal), Aden (Drum), Wira (Bass), Ewet (Guitar)
Record Label  : Rottrevore Record
Contact            : 085624187376 / 082129169642 pin 21881E8F

Discography  : 
01. Panceg Dina Galur (Kompilasi, Pieces Records, 2009)
02. Cemetery of Necronymph (Album, Rottrevore Records, 2011)

03. Terror of Horror (Single, 2013)

Sejak didirikan pada 17 November 2006, Auticed telah dua kali mengalami pergantian gitaris. Pertama ketika Mario — yang termasuk salah satu pendiri Auticed — diganti Zulfi. Substitusi ini dengan serta merta mengubah ciri suara gitar Auticed. Demikian halnya ketika Zulfi cabut dan sekarang gabung ke Dajjal. Penggantinya, Gilang, langsung menyuguhkan warna anyar di balik raungan gitar Auticed.

Sebenarnya, pergantian personel bukan hanya terjadi di sektor gitar. Slot vokal pun sempat dua kali mengalami perubahan. Pergantian pertama ketika Awink digantikan Novan. Terakhir, Rezi masuk mengisi pos yang ditinggalkan Novan. Namun pergantian vokalis tidak begitu memberikan perubahan yang signifikan terhadap warna musik Auticed. Perubahan paling kentara akibat pergantian vokalis terjadi di segi lirik.

Awink memberikan kontribusi besar di balik lirik lagu Bidadari Budak Mucikari dan Jala Hitam Ksatria. Sementara jejak Novan bisa dilihat dari nomor Aku Masih di Surga. Tampak jelas bagaimana perbedaan diksi yang dipilih mantan dua vokalis Auticed itu dengan gaya bertutur Rezi. Dan seluruh proses evolusi itu bisa kita rasakan lewat album pertama mereka, Cemetary of Necronymph, yang dirilis pada Juli 2011 di bawah label Rottrevor Records. 

Auticed menganggap proses tersebut sebagai evolusi yang wajar terjadi dalam sebuah band. Tapi, di antara fase evolusi yang mereka anggap wajar itu, terselip juga perubahan yang justru mereka cetuskan sendiri secara sadar. Yakni, ketika Auticed berada dalam fase pencarian identitas musik paling krusial.

Auticed sadar, banyak band-band deathmetal berkualitas yang lebih dahulu lahir dan besar di scene Bandung Underground. Untuk meneguhkan eksistensi di antara kepungan setumpuk band-band bagus itu, mereka merasa harus memiliki sebuah ciri khas. Maka kemudian timbul hasrat untuk memasukkan unsur-unsur musik klasik.

Ide tersebut muncul dipicu kekaguman mereka terhadap karya-karya klasik Sebastian Bach, Mozart, Frederic Chopin, sampai Bethoven. Di saat bersamaan mereka juga sangat terinspirasi oleh band-band seperti Disavowed, Decrepit Birth, Dissection, Obscura, Fleshgod Apocalypse, dan sebangsanya.

Masalah muncul ketika harus mencari titik temu antara musik klasik yang halus dan karakter deathmetal yang keras. Dan, manifestasi pencarian titit temu itu bisa kita lihat pada karya-karya Auticed mutakhir. Tepatnya setelah Gilang menempati posisi gitaris.


Dalam pertengahan tahun 2013, 4 personil sekaligus, keluar / mengundurkan diri dari Auticed yaitu Rezi (vokal), Gilang (gitar), Angga (bass), Rio Dharion (drum). Dan menyisakan 1 personil lagi yaitu Miky (Gitar), tak membutuhkan waktu lama Auticed pun langsung mendapatkan 4 personil barunya yaitu: Dewa - (Vocal), Aden - (Drum), Wira - (Bass), Ewet (Guitar).

Website :
http://www.myspace.com/auticeddeathmetal
http://www.facebook.com/pages/AUTICED/110949651381
https://twitter.com/AuticedOFFICIAL

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.